Senin, 28 November 2011

Database Desktop Multi Platform : OpenOffice.org Base

OpenOffice.org Base di versi 2.4 ini relatif lebih stabil. OOo Basemembutuhkan Java Runtime Environment (JRE) agar bisa terkoneksi ke data-nya. Pada contoh ini digunakan OOo 2.4 rc6 dan Sun JRE 1.6, di Ubuntu 7.10. OOo 2.4 rc6 dan sun JRE 1.6 ini juga bisa dijalankan di Microsoft Windows tanpa seting dan konfigurasi sama sekali.
Tampilan form Master-Detail

Tampilan jendela definisi Relationship

Mendefinisikan Relasi antar tabel

Tampilan berikutnya adalah versi Ms. WindowsXP.
OpenOffice.org Base di rilis 2.4 ini sudah mempunyai fitur memadai untuk aplikasi database sederhana. Karena OpenOffice.org bisa dijalankan di banyak platform OS (Windows, Linux, MacOS, dsb), dan juga ketersediaan Sun Java JRE di semua platform tersebut, maka OOo Base ini sudah bisa disebut perangkat database GUI yang multiplatform.
Pada tampilan yang di sudah saya coba sendiri adalah di Microsoft WindowsXP 32bit, (Linux) Ubuntu 7.10 32bit, dan Fedora 8 64bit.
Dengan langkah sederhana:
  • Pasang Sun Java JRE (1.5 atau 1.6 atau versi yang lebih baru).
  • Set JRE terpasang dari OpenOffice.org lewat menu [Tools | Options | Java].
  • Set classpath ke driver JDBC database yang akan diakses dari menu yang sama.
  • OOo Base sudah siap digunakan untuk mengakses berbagai database.
Database engine standar OOo Base adalah HSQL. Tapi dengan koneksi JDBC, OOo Base bisa menggunakan semua database engine yang menyediakan driver JDBC seperti Oracle, Microsoft SQL Server, Firebird,Mysql, Postgre, dll. Bisa juga mengakses LDAP Address Book, Spreadsheet, dBase, Text, Thunderbird Addressbook, ODBC (Windows).
Membuat database multiplatform menjadi sangat mudah kan?

Base

Cara baru mengakses basis data

Contoh tampilan BaseBASE adalah sistem manajemen basis data berbasis desktop yang lengkap, didesain untuk memenuhi kebutuhan yang luas dari pengguna, mulai dari
  • melacak koleksi CD pribadi Anda, hingga
  • menghasilkan laporan penjualan bulanan
BASE menawarkan panduan untuk membantu pengguna yang baru terhadap desain basis data (atau baru terhadap BASE) untuk membuat Tabel, Query, Form, dan Report, bersama dengan sekumpulan definisi tabel yang sudah didefinisikan untuk melacak Asset, Konsumen, Penjualan, Invoice, dan banyak lagi.
Ketika Anda hanya memerlukan basis data personal, BASE menawarkan mesin basis data relasional HSQL, dikonfigurasi untuk pengguna tunggal, dengan data tersimpan pada dokumen BASE, beserta dengan dukungan native untuk dokumen dBase.
Untuk kebutuhan yang lebih besar, BASE mendukung berbagai basis data yang populer secara native: MySQL, Adabas D, Microsoft Access, dan PostgreSQL. Sebagai tambahan, dukungan untuk driver standar JDBC dan ODBC juga mengijinkan Anda untuk terhubung secara virtual pada sembarang basis data yang ada.
BASE terintegrasi dengan aplikasi OpenOffice.org yang lain, misalnya
  • menyediakan data buku alamat untuk mail merge pada WRITER menggunakan standar industri protokol LDAP, atau format buku alamat yang umum seperti Microsoft Outlook, Microsoft Windows dan Mozilla;
  • membuat jangkauan data yang terhubung pada dokumen CALC untuk analisa data pilot atau sebagai dasar untuk bagan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang bekerja dengan BASE, harap melihat halaman Wiki Basis Data Openoffice.org.
Untuk informasi teknis, atau bantuan untuk membuat BASE menjadi lebih baik, kunjungi halaman proyek BASE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar